Jumat, 30 Desember 2011

Malam Ke-7, Mendapatkan Modal Usaha Peternakan Entok

Senin, 15 Nopember 2010

 

Usaha apa pun  perlu modal. Modal usaha berupa modal tetap dan modal tidak tetap. Untuk sekarang, saya sudah mendapatkan tanah, kandang untuk ternak entok yang saya rintis. Sekarang saya perlu modal operasional untuk pakan, transportasi dan promosi. Angkanya, memang bisa lebih dari Rp. 10 juta, namun bisa juga kurang yang penting usaha ini bisa berjalan atas dukungan modal.

Rencananya, modal itu akan saya dapatkan dari perusahaan atau organisasi non-pemerintah dengan mengajukan proposal usaha. Mudah-mudahan saja dapat diterima. Mereka harus bisa menggelontorkan dananya untuk peternakan entok karena komoditas ini dapat diandalkan. Pengelolaannya yang lebih sederhana dibandingkan ternak unggas lain menjadi kelebihannya maka diharapkan dapat dilaksanakan oleh banyak orang.

Kunci dari proposal yang akan diajukan adalah _adanya pasar yang jelas dari entok yang telah siap untuk dijual. Saat ini, saya belum menemukan pasar entok yang bisa diakses dengan mudah. Akses pasar yang jelas ini diharapkan bisa meyakinkan pihak pemberi modal untuk mengeluarkan sebagian dananya. Jika menilik pasar Jakarta dan Bandung saya sendiri belum mendapatkan orang yang bersedia menjadi distributor.

Untuk saat ini, saya tidak mau gegabah menanam modal dalam jumlah besar untuk meminimalisasi resiko. Membangun fondasi usaha menjadi prioritas usaha saya saat ini. Memang terkesan lambat namun hal ini dapat menjadi daya tawar kita kepada penanam modal. Jika fondasi usaha kita sudah kokoh maka saya pun tidak akan segan untuk mengajukan modal dalam angka yang besar.

Usaha memang perlu agresifitas. Tetapi, hal demikian berlaku untuk usaha yang sudah berjalan. Untuk usaha yang masih ‘bayi’, pelan tapi pasti akan lebih baik. Mending cari aman saja. Saya percaya bahwa fondasi yang kokoh akan lebih tahan diterjang angin. Kita tidak bisa memprediksi iklim usaha dimasa mendatang, maka dari itu sebisa mungkin modal yang ada dialokasikan untuk membangun fondasi usaha.  Ketersediaan pakan, sumberdaya manusia, kepastian pasar, kandang yang kokoh dan kepastian dukungan lingkungan adalah fondasi usaha ternak entok. Semua itu harus menjadi prioritas utama.

1 komentar: